Monday, April 3, 2017

Computational Thinking Skills Futures Thinking

Computational Thinking Skills
Futures Thinking

Di postingan sebelumnya telah dijelaskan pengertian dari computational thinking menurut beberapa ahli. Kali ini saya akan menjelaskan tahapan atau lebih tepat disebut sebagai  kemampuan dasar yang harus dimiliki agar dapat berpikir secara komputasi.
Tahapan dan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk dapat berpikir secara komputasi menurut Dr. Jason Zagami diantaranya :

1.    Decomposition

Kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugas-tugas yang mudah dikelola. Misalnya memecah ‘Drive/Direktory’ dalam sebuah komputer berdasarkan komponen penyusunnya: File dan Direktory [RAC15].
Decomposition (dekomposisi) adalah kemampuan untuk memecah belah suatu tugas hingga kebagian-bagian terkecil sehingga kita dapat menguraikan secara jelas suatu proses kepada orang lain, komputer atau bahkan untuk catatan pribadi milik kita [ZAG13].

2.    Pattern Recognition

Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data. Misalnya mengenali pola file dokumen, file sistem, file eksekusion atau struktur data/file [RAC15].
Pattern Recognition (pengenalan pola) adalah kemampuan untuk melihat persamaan atau p­­erbedaan umum yang akan membantu kita untuk membuat prediksi atau membantu kita menemukan jalan pintas. Pattern recognition sering menjadi dasar untuk memecahkan suatu masalah dan biasanya digunakan untuk merancang algoritma [ZAG13].

3.    Pattern Generalitation and Abstraction

Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Misalnya dengan menempatkan semua file sistem di folder Windows, file program di folder Program Files, file data/dokumen di Folder Mydocument dan file pendukung di Drive/Direktory terpisah [RAC15].
Pattern Generalisation and Abstraction (pola generalisasi dan abstraksi) adalah kemampuan untuk menyaring informasi yang tidak perlu untuk memecahkan masalah tertentu dan memilih informasi umum yang diperlukan. Pattern Generalisation and Abstraction memungkinkan kita untuk merepresentasikan ide atau syarat dari proses secara umum (seperti variabel) sehingga kita bisa menggunakan untuk memecahkan masalah lain yang umum [ZAG13].

4.    Algorithm Design

Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama.
Algorithm Design (desain algoritma) adalah kemampuan untuk mengembangkan langkah-langkah strategi untuk menyelesaikan sebuah masalah. Algorithm Design biasanya berkaitan dengan dekomposisi dari masalah dan identifikasi pola yang membantu untuk memcahkan masalah [ZAG13].

                Daftar Pustaka :
    [ZAG13]     Zagami. J, “Computational Thinking”, QLD: EduTechPress, Bribane, 2013
    [RAC15]     Rachim. F, “Computational Thinking = Computer Science ++”, tersedia : 29 Maret 2016, http://www.kompasiana.com/fathur_rachim/computational-thinking-computer-science_55e06cc71593736c0a109023, Agustus 2015


No comments:

Post a Comment